Kemajuan Usaha Bisnis Busana Dalam Kaitannya Dengan Dunia Modiste

Bisnis Busana

Dunia Mode dan Bidang Usaha Pembuatan Pakaian

Bisnis busana sangat menjanjikan. Pemerintah Indonesia telah mencanangkan sejak tahun 2018, bahwa Indonesia akan menjadi pusat busana muslim terbesar di Asia, dan menjadi pusat busana muslim terbesar di dunia pada tahun 2020 lalu. Sementara itu China dan India masih menjadi pemasok terbesar produksi busana yang terkenal dengan nama hijabnya ini.

Memang sangat ironis sekali negara Tirai Bambu ini yang justru bukan negara dengan penduduk mayoritas muslim, menjadi produsen utama. Sebenarnya kita (Indonesia) punya kesempatan besar untuk mengalahkan China dan India dalam memproduksi busana, terutama busana muslim, selain di dukung oleh penduduknya yang Mayoritas Islam, juga semakin berkembangnya para desainer dan orang-orang yang berkecimpung di dalam bisnis ini, di samping peranan pemerintah yang ikut mendorong terciptanya iklim usaha yang disesuaikan dengan perkembangan tren berbusana.
Inilah beberapa jenis usaha busana yang perlu untuk diketahui :

1. Modiste


Modiste biasanya mengerjakan busana wanita dan busana anak. Para modiste, pengelolaan masih sangat sederhana, hampir semua pekerjaan dilakukan sendiri mulai dari mengukur, memotong, menjahit, hingga penyelesaian.

Dalam hal ini, pimpinan modiste memegang beberapa fungsi manajemen, dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan, bahkan pemasaran. Usaha yang sebenarnya sangat potensial ini di dalam kenyataannya banyak merupakan usaha sampingan, sehingga tidak dikelola dengan profesional. Dari segi organisasi masih sederhana, hanya pemilik sekaligus pimpinan modiste dibantu oleh beberapa tenaga; kompleksitas struktur organisasi tergantung pada kapasitas modiste. Demikian juga alat yang digunakan, masih sangat sederhana dan terbatas pada alat/mesin standar minimal, misalnya mesin jahit, mesin obras, alat pembuat kancing dan ban pinggang, serta mesin lubang kancing. Sistem produksi berdasarkan pesanan pelanggan, dengan ukuran busana menyesuaikan pelanggan, atau dalam istilah industri disebut dengan make to order (memproduksi berdasarkan/untuk memenuhi order).

b. Tailor

Tailor bisanya mengerjakan busana pria khususnya setelan jas. Tailor dapat pula mengerjakan jas wanita. Struktur organisasi tergantung dengan kapasitas usaha dan dengan sistem produksi yang make to order (memproduksi karena ada atau berdasar pada pesanan).

Postingan Populer