Cara Menggunakan Penggaris Pembentuk

Alat Membuat Pola

Cara Menggunakan Penggaris Pembentuk


Siapa saja yang ingin mempelajari seluk-beluk pembuatan busana. termasuk pembuatan polanya. mau tidak mau harus pula belajar menggambar dengan baik.

Pola dasar terbentuk dari garis-garis lurus dan garis lengkung. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan menggoreskan garis-garis lurus seperti garis sisi, tengah muka. bahu. dan sebagainya. serta garis lengkung untuk membentuk kerung lengan. leher maupun bentuk panggul.

Namun demikian, bagi mereka yang kurang terampil menggambar tidak perlu berkecil hati karena saat ini telah diciptakan penggaris pembentuk, yang dimaksudkan untuk memudahkan dalam membentuk garis pola terutama garis-garis lengkungnya.

Penggaris pembentuk yang dijual di toko-toko bermacam-macam jenis dan modelnya. Ada yang terbuat dari plastik. mika. dan kayu. Tiap model penggaris diciptakan sesuai fungsi masing-masing. Dalam satu jenis penggaris ada yang mempunyai dua atau tiga fungsi sekaligus. Misalnya, bentuk penggaris di bawah ini mempunyai tiga fungsi yaitu untuk membentuk lengan. leher dan pinggang.

Pada pola blus digunakan untuk membuat garis kerung lengan dan kerung leher.


Pada pola rok, digunakan untuk membuat garis lengkung pada lingkar pinggang dan garis lengkung antara pinggang dan panggul.


Penggaris Pembentuk Pinggang


Postingan Populer