Cara Memindahkan Lipit Pantas Sesuai Sketsa Mode Busana

Sketsa Mode Busana

Cara Memindahkan Lipit Pantas Sesuai Sketsa Mode Busana


Lipit pantas atau kup pada pola adalah sebuah lipatan menyudut yang dijahit dan berfungsi untuk membentuk badan. Berdasarkan pengamatan, hampir semua sistem atau metode menggambar pola mempunyai lipit pantas atau kup: yang membedakan satu dengan yang lainnya hanyalah pada letak atau penempatannya saja.

Pola konstruksi badan wanita yang baik mempunyai lipit pantas untuk niang bentuk buah dada dan panggul. Lipit pantas atau kup ini tidak boleh dihilangkan sama sekali karena berfungsi sebagai pembentuk Apabila pada suatu model kup atau lipit pantas ini tidak kelihatan. sebaiknya dipindahkan atau disembunyikan pada kampuh atau garis hias. 
Cara memindahkan lipit pantas atau kup pola dasar ke berbagai tempat perlu dipelajari dengan matang agar tidak timbul masalah pada saat praktek mengubah pola sesuai dengan sketsa mode. Langkah-langkah yang hams dikerjakan untuk pekerjaan pemindahan lipit pantas atau kup pola dasar adalah sebagai berikut.
  1. Pada dasar badan muka dan belakang setelah se-lesai dikonstruksi. ukuran uji harus diperiksa teriebih dahulu untuk mendapatkan garis bahu yang bam. Waktu menggambar garis bahu yang bam lipit kup di bahu hams ditutup teriebih dahulu. Pola dasar badan wanita dalam uraian ini adalah pola dasar wanita yang mempunyai lipit pantas di bahu dan pinggang. yakiii pola dasar dengan sistem JHC Meyneke.
  2. Pola dasar dikutip dengan kertas tipis berwarna (doorslag) kemudian digunting dengan jumlah menurut keperluan model-model yang diubah.
  3. Lipit kup yang asli pada bahu dan pinggang di-tutup. apabila pada model tidak tampak lipit kup di bahu atau pinggang. buat garis lipit kup yang baru dan digunting.

Pemindahan lipit pantas atau kup pola dasar dibagi atas dua golongan.
  • Pemindahan lipit pantas atau kup pada tempat-tempat umum yaitu pada enam tempat sekeliling tepi pola dasar muka menjadi tujuh dengan tempat aslinya.
  • Lipit kup jatuh pada bahu dan pinggang me-nurut pola dasar asli.
  • Lipit kup jatuh pada bagian cekung dan lubang lengan.
  • Lipit kup jatuh pada sisi bawah ketiak.
  • Lipit kup jatuh pada sisi dekat pinggang.
  • Lipit kup jatuh pada pinggang sebagai satu atau dua lipit.
  • Lipit kup jatuh pada tengah muka sebagai kerut dan jahitan huruf T.
  • Lipit kup jatuh pada garis leher sebagai kerut atau 2 lipit.

Pemindahan lipit pantas/kup pola dasar dalam garis hias. Garis hias yang berupa jahitan pada desain busana dibagi dalam empat kelompok.
  • Garis hias pas dada bila ada di dada dan garis pas bahu bila ada di dekat bahu.
  • Garis hias princess, garis potongan vertikal lurus dari bahu ke bawah melalui puncak buah dada atau dari tengah lubang lengan meleng-kung melalui puncak buah dada terns ke bawah pinggang. panggul atau bawah rok.
  • Garis hias empire, garis potongan melintang di bawah buah dada ± 8 cm. Umumnya dari garis ini ada lipit ada lipit kup kecil menuju ke puncak buah dada berupa lipit kup biasa. ploi kecil ataupun kerut-kerut. Pada pemindahan lipit yang berbentuk kerut pada leher, pas bahu dan garis empire harus ada perbaikan garis yang akan dikerut yakni berupa pengurangan maupun penambahan.
  • Garis hias kombinasi dari garis hias pas dada. pas bahu dengan garis hias princess atau garis hias empire.

Cara memindahkan lipit pantasAup pola dasar kedalam garis hias prinsipnya sama dengan memindahkan pada tempat-tempat umum. Lipit asli pada bahu dan pinggang ditutup bila pada desain tidak tampak. Setelah ditutup pola menjadi lekum. Pada lekum pda dasar ini garis hias pada model atau desain digambar menurut perbandingan. kemudian digunting sehingga pda menjadi beberapa bagian.

Gambar macam-macam pemindahan lipit pantas pada garis sisi, garis princess, ploi dan kerut.

Cara memindahkan lipit pantas pada garis sisi

Cara memindahkan lipit pantas pada garis hias (garis princess)

Cara memindahkan lipit pantas dalam bentuk lipit/bentuk kerut

Postingan Populer